Siapa sih yang gatau Universitas Indonesia? Ya, UI sebutan akrabnya adalah salah satu perguruan tinggi terbaik yang ada di Indonesia. Pasti buat kalian sewaktu di SMA ingin banget kan masuk kampus ini. Nah dibawah ini yuk kita mengenal sejarah universitas Indonesia secara umum.

Berikut mengenal sejarah universitas Indonesia

Sejarah

Mengenal sejarah Universitas Indonesia. Ya, kampus ini mulanya dibangun pada tahun 1849 oleh pemerintahan Hindia Timur Belanda. Pada saat itu namanya masih Scholl of Medicine for Javanese. Tujuan dibangunnya sekolah ini adalah sebagai tepat penghasil dokter.

Kemudian pada tahun 1898 ditambhin lagi namanya STOVIA. Setelah itu pada tahun 1924 pemerintahan kolonila Belanda mendirikan RHS yakni sekolah badan hukum Indonesia. Nah inilah yang menjadi cikal bakal Fakulitas Hukum UI. Namun Sekolah ini resmi menjadi Universitas Indonesia pada tahun 2 Februari 1959. Setelah itu banyak bermunculan fakulitas lain.

Terdiri dari 3 kampus

Yuk-Mengenal-Sejarah-Universitas-Indonesia-1

Pada tahun 1965, UI ternyata terdiri dari 3 kampus yakni Salemba, Rawamangun dan Pegangsaan. Selanjutnya, pada tahun 1987, sebagian fakulitas yang terdapat di Salemba dan Rawamangun di pindahkan ke Depok. Hingga kini akhirnya UI hanya di Salemba khususnya kedokteran

Dan di Depok sendiri terdapat berbagai fakultas lainnya yang hingga kini menjadi incaran para anak SMA di Jakarta dan juga di Indonesia. Mengenal sejerah Universitas Indonesia tentunya akan menjadi hal baik bukan khususnya buat anda yang ingin sekolah di perguruan ternama di Indonesia ini.

Kampus pencetak orang ternama

Setelah kalian mengenal sejarah Universitas Indonesia. Tentunya kalian harus mengetahui sisi lainnya. Ya, kampus ini sering menjadi wakil Indonesia di ajang-ajang kejuaraan mahasiswa International.

Terbukti berkat didikan yang bagus. UI mampu mencetak orang-orang ternama yang kini menjalani roda pemerintahan baik di pusat dan di daerah. Menariknya UI juga masuk kampus favorit di Asia Tenggara. Dengan ketenaran itu juga maka pihak kampus membuka jurusan sastra Jawa.

Dimana paling diminati oleh orang luar negeri. Tidak jarang juga beberapa kudebes memperkenalkan budaya Indonesia lewat kampus ini. Jadi tentunya hal ini membuat kebanggan tersendiri bagi orang Indonesia mempunyai kampus dengan taraf International.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *